Wednesday, March 22, 2017

manfaat jeruk lemon bagi kesehatan dan kecantikan


Tahukah Sahabat bahwa manfaat jeruk lemon itu sangat banyak dan sangat menguntungkan? Genus Citrus (keluarga jeruk) dikenal sangat kaya manfaat yang memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya, namun sebenarnya juga memiliki kekhasan manfaat masing-masing.

Lemon dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Pohon lemon menyerupai pohon jeruk. Tumbuhan ini tidak mampu berkembang pada cuaca yang beriklim dingin. Pohon lemon hanya bisa berkembang dan tumbuh pada suhu 60-85oF atau 15-30oC. Oleh sebab itu tumbuhan itu tak dikembangkan pada negara-negara yang bersalju dengan intensitas tinggi.
 
Buah lemon menjadi salah satu varian jeruk yang banyak dinikmati, biasanya sari lemon sering dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan. 

Tapi ternyata lemon juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, folat, dan zat besi tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, serta digunakan dalam sejumlah perawatan kecantikan alami. 


Berikut ini ulasan selengkapnya: 

Manfaat bagi kesehatan

1#. Mencegah Sesak Nafas atau Asma

Manfaat lemon yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita asma. Risiko terjadinya asma dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan kelompok yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi vitamin C dengan teratur.

2#. Memperbaiki sistem pencernaan
 Jika sahabat adalah jenis orang yang sering meminum kopi dan teh di pagi hari? Untuk mengatasi pencernaan sahabat yang terganggu seperti nyeri pada lambung.

Beberapa komponen di lemon merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan. Selain itu, lemon membantu sistem pencernaan dalam pembilasan zat-zat yang tidak diinginkan dan membuang racun keluar dari tubuh. Sahabat bisa mencoba dengan meminum air lemon dua kali dalam sehari.

3#. Membunuh sel Kanker 

Salah satu kandungan zat yang dimiliki lemon yang dapat membunuh bakteri, sehingga pada waktu zaman dahulu masyarakat melakukan pengobatan secara tradisional menggunakan lemon. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kandungan limonin dan flavonoid yang terdapat dalam lemon dapat memperbaiki fungsi DNA.  

Lemon juga mengandung berbagai senyawa fitokimia seperti hesperetin, naringin, naringenin, dan eriocitrin. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas pada studi in vitro.

Selain itu, zat tersebut akan meminimalisir kerusakan sel-sel DNA yang menjadi penyebab umum dari penyakit kanker. Sehingga lemon dapat digunakan untuk melindungi sel-sel normal dan mencegah timbulnya penyakit kanker. Zat ini memiliki kemampuan sebagai anti tumor, anti virus, analgesik, anti inflamasi, efek hipnotis yang baik untuk sel-sel kanker sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

4#. Mengurangi Risiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

Defisiensi vitamin C dalam darah sering dikaitkan dengan meningkatnya penyakit stroke, terutama pada mereka yang obesitas atau memiliki tekanan darah tinggi. Telah dibuktikan American Heart Association,  Data penelitian mereka mengatakan bahwa kelompok perempuan yang menkonsumsi lemon ternyata memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi lemon.

Selanjutnya bila dikonsumsi cukup banyak dan rutin dapat menurunkan risiko seorang perempuan untuk terkena stroke otak. Selain jeruk lemon juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung karena manfaatnya yang dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol. Asupan serat terisolasi dari buah-buahan citrus, termasuk lemon, dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Minyak esensial dalam lemon juga mampu mencegah oksidasi kolesterol LDL.

Selain itu lemon juga mengandung senyawa fitokimia seperti antioksidan hesperidin dan diosmin. Hesperidin dapat menguatkan pembuluh darah dan atherosklerosis. Sedangkan diosmin digunakan di beberapa obat yang mempengaruhi sistem peredaran darah. Gunanya adalah meningkatkan kesehatan otot vaskular dan mengurangi inflamasi kronis pada pembuluh darah.


5#. Membantu Menstabilkan pH Tubuh

suatu yang hal sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi kebutuhan tubuh. Sifat ’asam’ diperoleh jika pH kurang dari 7, sedangkan ’basa’ berarti mengandung pH lebih dari 7. Kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45, yakni sedikit alkaline

Keseimbangan asam dan basa tubuh merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa pH tubuh yang cenderung asam tidak baik untuk metabolisme tubuh. Nah, Salah satu manfaat jeruk lemon yang lain ialah dapat menetralisir asam berlebih dalam tubuh kita. Uniknya, jeruk lemon yang sifatnya asam akan dirubah menjadi basa ketika sampai di lambung, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk. Sifat jeruk lemon yang unik ini juga bermanfaat untuk memecah batu ginjal.

5#.Mengobati infeksi tenggorokan

Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. 

Sifat antibakteri lemon dapat membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Bahkan, orang yang minum segelas air jeruk nipis hangat setiap pagi berisiko lebih rendah menderita infeksi tenggorokan. Minuman sehat ini bahkan membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma.

Adapun cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

 Manfaat bagi kecantikan

Setelah membaca yang diatas, berdasarkan informasi yang didapat, ternyata lemon tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Mau tau apa saja manfaatnya, yuk kita simak.

1#. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang biasanya kaum hawa akan melakukan berbagi cara menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Akan tetapi cara diet yang salah tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Diet yang baik bukan mengurangi makan tapi mengurangi porsi / jumlah makannya, serta dibarengi dengan olah raga yang teratur. tetapi ternyata buah lemon juga dapat membantu kita untuk melakukan program diet cara pengolahan buah lemon untuk program diet dengan cara sama halnya membuat jus lemon. Hanya dalam menu ini kadar gula harus dikurangi. Kandungan gula yang sedikit pada jus lemon untuk program diet memang memiliki rasa yang sangat masam. Namun rasa masam inilah yang nantinya akan membuat lemah di dalam tubuh terbakar.

2#. Mencerahkan kulit

Kandungan asam yang terdapat dalam sari atau perasan buah lemon bias menghilangkan noda hitam yang nampak pada wajah Anda. Asam yang terkandung dalam sari lemon juga terbukti mencerahkan wajah Anda serta membuat kulit wajah Anda nampak lebih segar. Namun jangan gunakan tips ini jika terdapat luka pada kulit wajah. Karena kandungan asam pada lemon bisa membunuh antibakteri yang sedang memperbaiki kulit yang terluka itu. Tentunya jika terkena luka, akan terasa sangat perih.

3#. Mengangkat sel kulit mati

Lemon ternyata bisa mengangkat sel kulit mati,  kata beberapa teman cewek bilang sih lemon dijadiin sebagai masker, dengan campuran gula. kalau untuk caranya saya gax tau ya gimana silakan search aja deh di mbah google. hahaha

Baca juga : manfaat buah kelapa

Dan masih banyak manfaat lemon yang lainnya, sampai disini dulu artikelnya semoga bermanfaat bagi sahabat sebagai tambahan wawasan ilmu pengetahuan kita.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini