Friday, March 17, 2017

Hal penting dalam membangun blog

Selamat berkunjung kembali sahabat bla bla.com

Baiklah sahabat untuk artikel kali ini tangtang hal penting dalam membangun blog, seblumnya saya akan bercerita mengenai pengalaman pribadi yang saya alami waktu memulai menjelajah internet, yang mana pada waktu itu baru mengenal dunia blogging. Pastinya sahabat pembaca telah mengetahui blog, buat para newbie saya akan menulis sedikit artinya lagi.

Menurut wiki Blog merupakan suatu bentuk aplikasi web yang disediakan oleh mbah google yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Kurang lebih seperti itulah pengertiannya, kembali lagi pada cerita pengalaman saya mengenai pengenalan dunia blog, rasanya sih malu mau cerita tapi apalah daya karena saya ingin juga berbagi pengalaman ini untuk beberapa pemula dunia blogging.

Berawal dari awal tahun 2016 silam, Bermula iseng iseng membaca tiap artikel yang ada diinternet sambil mendengarkan musik dari youtube, ketemu lah sebuah artikel tentang bagaimana cara memperoleh penghasilan dari internet, waktu itu saya masih seorang mahasiswa akhir pada kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pontianak, dan juga seorang pekerja sebagai penjaga warnet.

Nah, pada artikel tersebut, membuat saya tergiur dalam hal dunia internet, mencari berbagai literatur yang semakin membuat saya menjadi tambah semangat. Hingga akhirnya saya menemukan sesuatu yaitu blog, selanjutnya saya langsung memperlajari dunia blogging,

Pada awalnya saya menganggap sepele dunia bloging itu, tapi ternyata setelah di telusuri satu persatu benar benar cukup memusingkan kepala sahabat. Hahahaha

Tapi ya, sudahlah namanya juga usaha mana ada yang mudah. Mental baja yang diperlukan dalam hal ini, dan ketekunan dalam menghancurkan rasa penasaran.
Berdasarkan pengalaman diatas saya simpulkan bahwa membangun sebuah blog itu perlu persiapan.

Bukannya memang seharusnya seperti itu, karena kalau tidak ada persiapan kita akan bingung memulai tentang apa yang seharusnya akan kita isi pada blog kita. Kita capek capek buat artikel namun secara teknis kita kala dengan blog-blog yang lainnya akhirnya kita sepi pengunjung melihat pengunjung sepi ujung ujungnya kita malas.

Tapi pada artikel kali ini saya tidak akan membahas yang seperti itu, karena saya juga seorang newbie blogger tetapi berdasarkan tentang 10 hal penting yang harus ada dalam membangun sebuah blog yang mana dalam hal ini kreatifitas sangat diperlukan,

1#. Konten/artikel/postingan/entri

Hal ini merupakan yang wajib bagi setiap pemilik blog, coba bayangin kalau tidak ada artikel, atau postingan. Saya rasa ini lah yang paling membingungkan bagi sahabat semua, diawal. Bingung memilih topiknya apa, bingung mencari literatur, bingung dan masih banyak lagi kebingungan yang muncul saat memulai. Sebagai saran membuat artikel berdasarkan pengalaman saja agar berbagai masalah itu dapat kita kurangi, lebih baik lagi sesuai dengan apa yang menjadi keahlian kita karena hal ini dapat memudahkan kita dalam menemukan niche blog yang akan sahabat bangun.

Baca juga : tentang apa itu niche blog

2#.Navigasi halaman

Halaman navigasi atau page navigation adalah deretan angka yang menunjukkan nomor halaman pada sebuah web atau blog. Halaman navigasi ini sangat penting bagi visitor. Mereka akan lebih mudah mencari postingan yang dicari dengan mengklik tombol angka navigasi. Selain itu, halaman navigasi ini berguna untuk melihat 2, 3, hingga terakhir halaman tanpa harus melewati halaman selanjutnya. Seperti yang terlihat pada default template bawaan blogger yang membuat halaman navigasinya berupa old posts dan newest posts. Jika sahabat ingin membuat banyak sekali tutorial mengenai pembuatan navigasi halaman sehingga nantinya tampilan halaman blog kita terlihat profesional meskipun sedikit hehehe.

3#.Profil pengguna

pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Kurang lebih seperti itulah, hal ini harus ditampilkan bagi pengguna blogspot, karena dengan menampilkan profil pada akun blogger kita juga merupakan pilihan yang tepat untuk dapat bermanfaat dalam memperkenalkan diri kita kepada blogger lain sehingga akan lebih mudah dalam menjalin silaturahmi. Kita bisa menuliskan tentang diri kita terhadap pembaca blog tentang siapa kita. Tujuannya agar mereka tahu tentang yang punya blog ini dan tulisan yang ada blog bisa di pertanggung jawabkan

Tapi berbeda lagi jika blog yang berniche tertentu. Misalnya Tentang tema Blogging berarti harus menjelaskan hal hal tentang teman blogging siapa saja orang yang ada dibalik layar (admin).

Jangan lupa Dalam hal ini termasuk juga Kontak, hal ini berfungsi sebagai, bila blog sahabat sudah populer. Bisa jadi ada orang tertarik ingin bekerjasama dengan blog sahabat sehingga pembaca blog mencari tentang kontak kontak untuk mengajak kerjasama bisa dalam pemberian job review blogger, menampilkan iklan di blog Anda atau hal hal lain.

4#.Translate

Selanjutnya tombol navigasi translate. Yang pastinya sahabat tau fungsi dari navigasi ini. Telah saya sesuaikan berdasarkan peritem yang ini saya posisikan pada urutan keempat. Karena mengingat bahwa kita telah mengetahui di internet ini bukan Cuma orang indonesia saja melainkan orang – orang seluruh dunia harus juga bisa mengakses blog kita, karena akan hal ini juga akan mempengaruhi trafic pengunjung pada blog yang kita miliki. Semakin banyak pengunjung maka kita semakin memiliki banyak kesempatan semakin dikenal orang orang yang ada diluar sana. Karena didunia ini tidak ada yang tidak mungkin, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk kepentingan kedepan.

5#.Widget

Selanjutnya adalah menambahkan widget, Saya anggap sahabat telah mengetahui mengenai widget. Karena hal ini sangat penting dalam menyisipkan beberapa fitur untuk memperindah tampilan sebagai contoh menampilkan dengan secara tersusun sesuai dengan keinginan dan memudahkan dalam menemukan tiap artikel yang ada pada diblog kita. Sebagai contoh lihat pada gambar berikut.


pada gambar diatas yang di lingkari merah itu adalah salah satu contoh widget. dalam hal ini banyak sekali berbagai widget yang bisa sahabat berikan sesuai kebutuhan, diantaranya :

Follow

kata orang bule “follow” kalau bahasa kita mengikuti, kalau bahasa melayu “pengikot”hahaha Widget yang berfungsi sebagai memperluas jaringan jalinan silaturahmi yang lebih luas dengan blogger-blogger yang ingin berteman dengan kita. Tidak hanya itu, manfaat lain yang diperoleh adalah apabila kita memfollow sebuah blog maka kita akan mendapatkan update secara otomatis dari blog tersebut yang akan tampil pada bagian dasbor akun blogger kita.

Subscription

Nah ketemu bahasa bule lagi, biasa disebut sebagai subscribe kalau dalam bahasa kita adalah langganan. Widget ini berfungsi sebagai untuk memudahkan pengunjung blog kamu untuk berlangganan artikel para sahabat. Baik itu digunakan dalam metode update melalu facebook, email, twitter atau yang lainnya fungsinya sama saja.

Dengan adanya widget ini, sahabat secara tak langsung telah membentuk sebuah pengunjung tetap yang akan datang ketika mereka tertarik dengan artikel yang sahabat posting diblog, bisa saja kalau mereka merasa sangat senang dengan apa yang kita posting pastinya akan menciptakan pembaca tetap yang loyal terhadap blog yang kita bangun, dan akan selalu tertarik untuk membaca setiap artikel baru yang sahabat ciptakan. dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya ceritakan pada sahabat pembaca semua, tapi jangan risau sahabat coba saja sendiri, karena dengan begitu bisa menambah pengalaman sahabat juga.

6#.Search engine

Meskipun ini tidak terlalu penting tapi cukup lah sebagai pelengkap untuk blog yang akan kita buat. Lagi pula search engine juga ada fungsinya, jadi tidak salah kita menambah sebagai pelengkap diblog kita. search engine berfungsi sebagai salah satu tempat untuk memudahkan pembaca dalam mencari apa yang diinginkannya.

7#. Ide Kreatif

Terakhir seperti yang saya tulis diatas bahwa ide kreatif. karena tanpa adanya ide mana mungkin semuanya bisa terwujud, saya menyakini bahwa sahabat-sahabat memiliki ribuan ide yang terpendam yang belum bisa dikeluarkan, Silakan sahabat kembangkan sendiri serta gali bakat yang terpendam. wah kelihatan seperti orang yang profesional hahaha, tapi memang begitulah kenyataanya yang akan kita hadapi sahabat. Saya disini juga seorang pemula, masih terdapat banyak kekurangan, dan perlu banyak belajar.

Dan pada akhirnya tak terasa tulisan saya sudah seperti jembatan kenangan panjangnya, demikian artikel mengenai hal penting dalam membangun blog, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua, khususnya pada diri saya. Terima kasih telah berkunjung


Baca juga : pola hidup sehat bisa bikin awet muda


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini