Friday, March 31, 2017

cara mendapatkan ide konten blog dengan mudah


Membuat blog atau website itu gampang, tinggal daftar terus beberapa tahap jadi blognya. tapi tau gak, mudahnya hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang akan dihadapi kedepannya dalam mengisi konten berupa artikel.

Sahabat pastinya tau dong artikel itu apa. tetapi biar lebih jelasnya saya tulis lagi deh.

Menurut wiki;artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. 

Nah setelah membaca pengertian tersebut bingung pastinya, hehehe

kalau dilihat dari pengertian tersebut telah jelas, artikel yang dibuat memiliki tujuan dan menyakinkan, kurang lebih seperti itulah saya menyimpulkannya. akan tetapi hal ini tidak mudah terutama bagi yang ngeblog hanya semata karena duit, diawal mungkin semangat sangat tinggi akan tetapi lama kelamaan mulai meredup sehingga sulit sekali dalam menemukan ide.

Bingung mau menulis apa, sebab tidak punya ide untuk artikel kali ini. 

Pastinya sahabat disini pernah mengalami hal serupa.

Wah, bro baru aja mulai udah kehabisan ide kamu ya !

Sahabat tenang aja ini masalah biasa, jangan diambil pusing santai aja lah
Terkadang meski kita memiliki gairah dan tujuan, ada saatnya rasa jenuh itu hadir secara tanpa kita sadari.

Ini beberapa tips berdasarkan pengalaman saya:

Persiapan

Segala sesuatu memang perlu dipersiapkan, sekecil apapun yang sahabat fikirkan permasalahannya selalu ada efek yang tercipta. Beberapa penulis telah berkontribusi dalam menyampaikan ide-ide kreatif mereka dengan menulis berbagai konten untuk keberhasilan blog yang telah mereka bangun. 
akan tetapi konten pada sebuah artikel yang telah susah payah dibuat masih kurang memuaskan, dikarenakan banyaknya permasalahan yang ditimbulkan, karena menulis dipenuhi dengan aturan - aturan penulisan sehingga menjadi lebih menarik dan tulisan sahabat dapat dipahami orang lain.

Menurut konten yang saya peroleh dari salah satu blog teman kita juragancipir.com yang diasumsikan dalam menciptakan ide konten.



*Strategi


Sebelum membuat blog, buatlah list tujuan utama dan konten yang harus ditulis untuk dicapai. Contoh dengan kita buat 300 topik posting dan rencanakan agar semua terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.

*Tujuan

Tujuannya memberikan informasi yang berguna dan dapat membantu pembaca dalam menemukan permasalahan yang ada serta menemukan solusinya. Contoh fokus dalam menulis konten dan pembaca akan langsung menemukan.

Baca juga :hal penting dalam membangun blog

Berikut cara mendapatkan ide konten blog dengan mudah:

1#. Googling

Sahabat dimanapun anda berada, pastinya istilah ini tidak asing lagi. Mungkin timbul pertanyaan mengapa googling saya tempatkan pada urutan pertama?

masa sih googling?

Penasarankan..

Orang-orang sering mengatakan, segala sesuatu dapat kita temukan melalui searching di internet. Nah, sahabat tidak akan kehilangan ide disini. Semua yang akan kita buat ada tersedia, tinggal bagaimana kita menyikapinya dalam membentuk ide tersebut. 

2#.Lingkungan Menulis

Lingkungan menulis adalah hal paling penting, karena ini sangat berpengaruh pada mood kita. Hal ini terkadang menurut saya sangat sulit dilakukan, yang harus memaksa berkerja keras dalam mengoptimalkan semua rasa malas yang terus datang bertubi-tubi.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kita harus tau dulu apa yang kita senangi, disaat kita lagi santai atau bagaimana yang kiranya cocok. Buat senyaman mungkin sesuai dengan apa yang membuat sahabat nyaman dalam menciptakan ide.

3#.Aktif diforum atau sosial media

Kita tau sekarang jamannya sosial network, dalam kesempatan ini coba deh selalu bertukar fikiran dengan mereka biasanya forum komunitas terdiri dari banyaknya master master yang telah lahir, dan mahir yang kiranya dapat membantu kita dalam mengembangkan ide tersebut.

4#Menjadwal semua kegiatan

Ingatlah sahabat bahwa semua kegiatan jika dijadwalkan, hasil akhirnya bagus, meskipun tidak semuanya sih, tetapi setidaknya kita akan selalu rutin melakukannya meskipun sebentar.

Kita sebagai pemilik blog yang pastinya akan berusaha untuk yang terbaik, oleh sebab itu kita sebagai newbie harus memiliki prioritas, dalam sehari tidak perlu lama untuk hal ini cukuplah satu jam yang terpenting rutin, tetapi menurut saya yang namanya menulis tidak cukup dengan waktu satu jam, meskipun seperti itu santai aja sahabat toh ini baik kok dalam melatih otak berfikir kreatif.

5#Kerangka Kerja

Lanjutan dari item nomor 4 bahwa menjadwal dan kerangka kerja tidak bisa dipisahkan, karena dengan begitu kita tidak akan terlepas dari kegiatan rutin menulis. Hal ini akan menciptakan kebiasaan baru bagi kita, dan memberikan konsistensi bagi pembaca tentang apa yang mereka harapkan, serta akan melakukan hal yang sama dengan menyimpan pada daftar blog referensi mereka.

Perlu kita ketahui jika sahabat selalu berusaha permasalahan mengenai menulis tidak lah lagi menjadi hal yang sulit bagi sahabat.

Selanjutnya, sebagai tambahan sering melakukan pengamatan pada blog tertentu. Dengan melakukan kegiatan riset tersebut sahabat secara tak langsung telah melakukan proses belajar setiap keunggulan dari masing masing blog yang telah sahabat kunjungi.

Baca juga : Cara membuat artikel yang baik dengan mudah

Demikian artikel singkat ini semoga bisa dipahami sahabat, mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan, tetapi kalau ada ide yang perlu ditambahkan bisa ditulis dikomentar.





EmoticonEmoticon

Temukan saya disini