Friday, February 10, 2017

CARA MENINGKATKAN KECERDASAN OTAK

Memiliki kecerdasan yang diatas rata rata merupakan dambaan setiap manusia. kalian pasti taukan ilmuan ilmuan yang terkenal dengan kegeniusannya,




seperti tokoh tokoh diatas. kalian pasti taukan ?????

Maha Besar Allah menciptakan manusia adalah mahluk Allah yang paling sempurna, manusia dapat berfikir kreatif, sehingga dapat menciptakan segala sesuai diluar nalar manusia biasa. ternyata melalui kebiasaan yang sering kita lakukan dapat berguna bagi otak kita.
Otak ternyata membutuhkan latihan layaknya otot. Jika sering digunakan dan dengan cara yang tepat, anda akan menjadi seorang pemikir yang terampil dan juga akan meningkatkan kemampuan untuk lebih berkonsentrasi. Tetapi jika jarang bahkan tidak pernah menggunakan otak anda, atau menyalahgunakannya dengan bahan kimia berbahaya, kemampuan anda untuk berpikir dan belajar akan memburuk.

BEROLAHRAGA 

Tadinya saya berfikir bahwa olahraga hanya berguna bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata setelah saya lagi asyik melihat serta manfaat bagi kesehatan ternyata olahraga juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Melatih tubuh akan membersihkan otak anda dan menciptakan gelombang energi. Setelah itu, anda akan merasa segar kembali, Hal ini jika dilakukan secara rutin ternyata dapat otak kita semakin berfungsi dengan baik dan dapat berkonsentrasi dengan lebih mudah.

MEMINIMALISIR WAKTU MENONTON

Wah, kalo yang namanya nonton termasuk saya yang nulis artikel ini juga sangat sulit untuk merubah kebiasaan buruk ini. Apalagi kalo udah film film bioskop yang telah ditunggu tunggu tayangnya, saya sampai rela habisin waktu seharian didepan monitor. Ternyata berdasarkan survei lapangan yang saya temui sebagian besar Orang-orang cukup suka berdiam di depan televisi.mungkin kita bertanya kenapa hal ini merupakan kebiasaan buruk ternyata menonton televisi, atau apapun melalui apapun itu tidak melatih kapasitas mental anda atau memungkinkan untuk mengisi ulang baterai anda. Ini seperti memiliki energi yang tersedot keluar namun kita tidak memperoleh manfaatnya. Tidakkah anda merasa terkuras setelah beberapa jam menonton, Mata anda sakit dan lelah karena terfokus pada kotak cahaya untuk waktu yang cukup lama. sehingga akibat kelelahan yang dirasakan tersebut kita akan merasa malas untuk beraktifitas, apalagi sampai disuguhkan buku bacaan. Ketika anda merasa santai, cobalah membaca buku sebagai gantinya. Jika anda terlalu lelah, cobalah dengarkan musik. Ketika anda sedang bersama teman atau keluarga, tinggalkan Menonton dan lakukan percakapan. Lakukan hal-hal ini dengan porsi yang lebih besar dibanding menonton menonton dan biarkan diri anda untuk lebih santai.

TIDUR CUKUP

Sebagian terganggunya konsentrasi manusia adalah disebabkan tidak cukupnya waktu tidur. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, kalau saja tidur dengan waktu awal makan akan terasa segar. Jika tidur sampai larut malam akan mengakibatkan bangun dengan lesu dan mengalami kesulitan berkonsentrasi. Ternyata Pagi hari adalah saat yang paling produktif. Bangun lebih awal memberikan kita jam lebih produktif dan memaksimalkan ketajaman mental anda sepanjang hari.

AMBIL WAKTU UNTUK BEREFLEKSI

Kasak kusuk didunia pekerjaan yang masing masing kita alami seringkali membuat kita menjadi sibuk. Tanpa disadari kita terkadang merasa kewalahan, sehingga menjadi sulit untuk berkonsentrasi karena terus terganggu oleh pikiran yang mengomel. Sebaiknya  meluangkan waktu untuk menyendiri dan berefleksi, yang akan memberikan anda kesempatan mengatur pikiran dan memprioritaskan tanggung jawab anda. Setelah itu, anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang penting dan apa yang tidak. Hal-hal yang tidak penting tidak akan mengganggu anda lagi dan beban pikiran anda akan berkurang, sehingga kira dapat berfikir lebih jernih untuk waktu selanjutnya.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini