Sunday, April 2, 2017

Waspada Cybercrime

Tags



Cybercrime merupakan sebuah istilah yang mengacu pada kejahatan sistem komputer dan jaringan internet sebagai alat, bisa dibilang juga sebagai kejahatan pada dunia maya.

Dilansir dari salah satu laman Uzon.Id bahwa kejahatan cyber terus mengintai kamu, karena penjahat cyber alias peretas siap mencuri data-data penting.

Selanjutnya diterangkan, menurut survey terbaru Avast, 97,6 persen orang Indonesia menganggap berharganya data mereka di online, namun kurang dapat menjaganya.
Survey itu dilakukan terhadap 700 orang Indonesia untuk mencari tahu bagaimana mereka menilai dan melindungi data di akun online mereka.

Baca juga : 10 Fakta mengenai Deepweb

Avast, seperti disebutkan dalam siaran persnya, dikutip Antara, ingin mencari tahu bagaimana orang-orang menganggap berharganya data mereka yang tersimpan di akun online, namun juga bagaimana mereka melindungi informasi mereka agar terhindar jatuh ke tangan yang salah.
Email masih menjadi layanan online yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia yaitu sebanyak 47,1 persen, diikuti oleh Facebook dengan 29,5 persen. Berikut rincian akun pengguna di Indonesia yang dianggap bernilai di atas 100 dolar AS:

62.5% Amazon48.2% LinkedIn43.9 Dropbox atau akun penyimpanan cloud lainnya41% WhatsApp atau layanan mengirim mengirim pesan lainnya35.3% Email34.8% Snapchat34.6% Twitter33% Facebook. Fakta menunjukkan email adalah yang paling banyak digunakan dan sebagai akun online terpenting bagi pengguna di Indonesia, namun pengguna menganggap informasi yang lebih berharga terdapat di akun Amazon.

Ada sebagian orang dengan mudahnya melakukan hal tersebut dimana mereka mencuri data informasi ataupun data privasi.

Lantas yang jadi pertanyaan kita saat ini, untuk apa mereka melakukan ini? apakah mereka hanya iseng, atau lain sebagainya.

untuk pertanyaan tersebut, pastinya tidak perlu dijawab lagi dong, yang namanya meretas pastinya akan berpengaruh pada data yang bersifat privasi berarti tidak diketahui oleh khalayak ramai. Apalagi masalah data keuangan, kita mesti berhati hati. 

Berikut mungkin bisa sahabat jadikan sebagai bahan referensi agar lebih waspada terhadap setiap akun yang sahabat miliki.

1#. Email

Sangat penting bagi kita untuk selalu mengamankan E-mail. terutama yang berhubungan dengan perbankan dan situs penting lainnya. Sebaiknya jika sahabat ingin login di berbagai situs kencan atau situs yang lain diperkirakan meragukan sebaiknya untuk membuat akun e-mail yang lain.

2#.Password

Dalam pembuatan password (kata sandi) Sebaik nya untuk melakukan kombinasi huruf dan angka atau bentuk spesial karakter lainnya. Ya mungkin agak rumit mengingatnya tetapi setidaknya dengan seperti itu dimungkinkan akan sulit diterka oleh mereka.

3#. Penggunaan data pada berbagai toko online

Toko online menggunakan data-data Anda untuk menyesuaikan iklan mereka agar sesuai dengan preferensi Anda. Mereka melacak aktivitas online Anda agar hal ini bisa sukses (tentu saja, semua proses ini otomatis).

4#. Menggunakan Perangkat Lunak Gratis

Nah, ini biasanya sering dilakukan, ketika Anda menginstal perangkat lunak yang gratis, Anda akan ditawarkan untuk menginstal berbagai tambahan seperti plugin, toolbar dan ekstensi. Dan jika Anda klik "Next" tanpa membaca teks dalam jendela instalasi, Anda secara otomatis menginstal seluruh paket baik itu aplikasi yang diperlukan dan yang tidak perlu. Aplikasi yang tidak diperlukan ini, misalnya, dapat mengubah halaman home atau pengaturan pencarian.

Baca juga : 10 pola hidup sehat bisa membuat awet muda

Demikian artikel saya hari ini, semoga bisa menjadi sebagai tambahan informasi untuk sahabat, terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini