Monday, February 13, 2017

FENOMENA LANGIT MENARIK 2017

Tags

Ok agan agan sista tak terasa 2017 telah kita jalani bahkan sekarang telah memasuki bulan ke 2 tahun 2017. nah mumpung masih anget angetnya nih berita belum ditelan zaman, pastinya kalian taukan fenomena yang paling populer terjadi di indonesia 9 maret 2016, yaitu Gerhana Matahari Total dilangit Indonesia, hal ini akan terjadi lagi pada tahun 20 April 2042 yang akan datang, sampai sampai warga negara asing juga berbondong bondong datang hanya untuk melihat fenomena ini. Nah berdasarkan pengamatan badan Astronomi ternyata akan banyak fenomena-fenomena menarik yang akan terjadi pada tahun 2017 ini. Mau tau fenomena apa yang akan terjadi, yuk kita simak :

1. Vernal Equinox

Vernal Equinox adalah peristiwa dimana matahari berada di perpotongan lingkaran ekuatorial dengan lingkaran ekliptika. Dihari itu matahari berada diatas cakrawala yang ditandai awal musim semi dibelahan bumi utara dan musim gugur dibelahan bumi selatan dan akan terjadi di indonesia pada tanggal 20 maret 2017.

2.  Yupiter terlihat dekat dengan bumi

Oposisi Yupiter akan terjadi setelah matahari, bumi, yupiter berada pada satu garis lurus, akibat peristiwa tersebut akan membuat yupiter akan terlihat dekat dengan bumi dan  memancarkan sinarnya yang sangat terang, terjadi pada tanggal 7 April 2017 kemudian dapat dilihat dengan mata telanjang.

3. Hujan Meteor Lyrid

Hujan meteor Lyrid pada 23 April membuka musim hujan meteor setiap tahunnya. Tak perlu menunggu waktu lama, pada 6-7 Mei akan terjadi lagi hujan meteor lainnya, yang kali ini merupakan hujan meteor Eta Aquarid.

Eta Aquarids adalah hujan meteor yang dapat memproduksi hingga 60 meteor per jam pada puncaknya. Hujan meteor yang berasal dari debu komet Halley ini terjadi pada rentang tanggal 19 April hingga 28 Mei, dan puncaknya adalah pada malam 6 Mei hingga dini hari 7 Mei. Titik radiannya adalah rasi bintang Aquarius.

4. Minimoon

Nah kemaren kita pada 14 november  menikmati fase supermoon pada tahun ini kita akan menikmati Minimoon dimana bulan terletak pada posisi terjauhnya dari bumi sehingga cahayanya akan terlihat meredup, catat tanggalnya ya kawan kawan Minimoon ini terjadi pada 11 Mei 2017.

5. Matahari Tepat diatas Ka'bah

Subhannallah, kuasa Allah SWT, menciptakan alam semesta. bagi umat muslim 28 mei 2017 tepat pukul 16.18 WIB matahari akan terletak tepat pada posisi diatas Ka'bah yaitu kiblatnya umat muslimin.

6. Oposisi Saturnus

Sama seperti Jupiter, karena Saturnus adalah planet luar, maka oposisi bisa terjadi setiap tahunnya. Di tahun 2017, oposisi Saturnus, atau ketika Matahari-Bumi-Saturnus berada dalam satu garis lurus akan terjadi tanggal 15 Juni. Sang planet bercincin ini akan berada di jarak terdekat dengan Bumi dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari jika diamati dari Bumi. Dengan begitu, kenampakannya akan lebih terang, paling terang di tahun 2017. Planet Saturnus yang beroposisi pada tanggal ini bisa diamati di seluruh Indonesia dengan mata telanjang. Sayangnya, untuk melihat cincinnya beserta satelit-satelit alami besarnya, kita membutuhkan teleskop.

itu lah beberapa informasi mengenai fenomena menarik pada tahun 2017, yang bisa saya rangkum dalam artikel saya, terimakasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini