Thursday, February 16, 2017

8 KULINER MAKANAN YANG PALING POPULER DI KALIMANTAN BARAT

Indonesia merupakan salah satu negara di asia tenggara yang memiliki berbagai adat atau suku sehingga melahirkan berbagai budaya, mulai dari pakaian adat, lagu daerah, aturan adat, kuliner dan lain lain. Nah sahabat beritapedia untuk artikel kali ini saya akan menulis mengenai kuliner dan jajanan Kalimantan Barat. Berikut 8 Kuliner yang menurut saya paling populer di Kalimantan Barat.

1. BUBUR PEDAS

Bubur pedas berasal dari daerah kabupaten sambas dan menjadi ciri khas kuliner masyarakat melayu sambas, dahulu sebagai cerminan kental budaya melayu kerajaan deli selalu menyajikan hidangan ini. Makanan ini dibuat dari beras yang ditumbuk halus kemudian dioseng, campuran kelapa parut yang disangrai. Menurut saya makanan ini terlihat penuh gizi, karena memiliki banyak campuran yang terdiri dari rempah dan berbagai jenis sayuran. Sayuran yang terdapat pada bubur pedas disaat saya makan kuliner ini, seperti, pakis, kangkung, daun daun apalah itu ndak tau juga hehe, kemudian ditambah teri dan kacang goreng lengkap sudah, makannya selagi hangat wow banget rasanya. Untuk penikmat kuliner bubur pedas tidak sulit ditemukan karena biasanya pedagang emperan yang menjual kue kue biasanya ada tu diselipkan makanan ini untuk dijual, harganya pun tidak meregoh kantong kita, palingan kisaran harga antara 6ribu sampai dengan 10ribuan lah tergantung campuran yang ada di bubur pedas, kalo yang jual bubur pedasnya dicampur ada potongan daging sapi, kemungkinan harga akan berbeda. O iya saran ni ya, tambah kerupuk biar lebih renyah.

2. KERUPUK BASAH

Kerupuk basah berasal dari daerah kabupaten Kapuas Hulu, jika kita mengunjungi kota Putusibau belum lengkap rasanya bila tak mencicipi makanan ini. Makanan yang berbahan dasar dari salah satu ikan sungai yaitu ikan toman dan juga ikan belida, sangat berbeda dengan jenis kerupuk pada umumnya. Sekilas kalau kita lihat makanan ini seperti empek empek palembang cuma bentuknya panjang berdiameter seperti sosis. Makanan ini juga mudah kita jumpai dan harganya relatif terjangkau, diwarung pinggiran jalan kota Putusibau. Biasanya disediakan bersama dengan sambal yang dibuat secara khusus untuk memasangkan Panganan yang diolah dengan dikukus ini. Perpaduan rasa kenyalnya kerupuk basah, beraroma khas ikan serta rasa pedasnya benar benar dapat menggetarkan lidah.

3. LEMANG 

Makanan yang aslinya berbahan dasar dari beras ketan namun terkadang sebagai penggantinya beras biasa, dan lebih sering menggunakan beras pulut yang dimasak dalam seruas bambu, sebelumnya didalam potongan bambu tersebut disematkan selembar daun pisang akan bersih dan tidak menempel diruas bambu jika lemang telah matang kemudian beras tadi dicampur dengan air santan dan potongan bumbu dapur seperti bawang putih agar lemang beraroma lezat. Cara memasaknya pun berbeda, lemang dimasak dengan cara memanggang nya diatas api unggun. Lemang biasaya sering kita jumpai diacara acara perayaan suku dayak disajikan lengkap dengan lauk pauknya.

4. PENGKANG
Jika kita berjalan dari arah Pontianak menuju arah ke arah Sungai Pinyuh, maka kita akan menjumpai sebuah tempat makan yaitu Pondok Pengkang tepatnya terletak dekat jembatan Segedong. Pengkang hampir sama dengan lemang bahan dasarnya juga dari beras pulut dan cara memasaknya pun tergolong sama yaitu dengan cara dipanggang, hanya saja bentuknya yang berbeda jika lemang berbentuk memanjang mengikuti ruas ruas bambu sedangkan pengkang berbentuk segitiga.

Makanan ini merupakan kuliner yang paling populer di daerah provinsi Kalimantan Barat, untuk menambah rasa gurihnya pengkang haruslah ditemani sambal yang dibuat secara khusus dengan campuran kepah (istilah bahasa setempat) yang berasal dari sungai, akan semakin terasa gurih dan nikmat.

5. SOTONG PANGKONG

Makanan jenis cumi ini termasuk jenis kuliner yang populer juga. Dengan bahan dasar cumi yang dikeringkan kemudian diolah dengan cara dipanggang. Untuk menikmati kuliner ini sebelum kita mengkonsumsinya, sotong harus dipukul-pukul agar tekstur daging yang terdapat pada sotong akan terasa lebih empuk, disajikan bersama sambal kacang yang rasanya asam manis membuat bila yang memakannya akan merasakan sensasi nikmat yang membuat bibir bergetar dan lidah bergoyang. Sayangnya sotong pangkong jarang kita jumpai dihari biasa, hanya hari hari tertentu saja ada, seperti bulan ramadhan.

6. PISANG GORENG SELAI


Semua orang pernah merasakan gurihnya pisang goreng, namun di Kalimantan Barat berbeda. Jika kita jalan jalan diwaktu malam hari menelusuri sudut tengah-tengah kota Pontianak kita akan melihat penjual goreng pisang. Dengan renyahnya pisang goreng karena ada keremes yang membungkusnya kemudian dipadukan dengan selai yang dipadukan selai yang berbagai rasa seperti, coklat, selai nanas dan lain lain, sehingga membuat bagi yang menikmatinya akan selalu tergoda ingin menyantapnya.
7. MIE TIAW 
Masih didaerah Pontianak, nah ini dikhususkan bagi pelancong kalo kita berjalan didaerah Jl.Patimura dan singgah untuk menyantap Mie Tiaw goreng atau siram di rumah makan Apollo. Disantap dengan keadaan masih hangat dan perpaduan antara, daging sapi, sayur sawi, kecambah dan lain lain, akan membuatmu terpuaskan berkunjung di Kalimantan Barat khususnya di Kota Pontianak.
8. SATE SAPI MELAYU



Berbeda dengan sate yang ada didaerah jawa, nah di Kalimantan Barat juga ada nih sate khas melayu kalbar, kalo didaerah jawa satenya dibumbui dengan saus kacang yang dipadukan dengan kecap, kalau sate melayu bukan saus kacang melain air kuah yang berasa kaldunya. Jika satenya adalah sapi maka kuah yang digunakan adalah rasa kaldu sapi sedangkan jika satenya ayam maka kuah kaldunya rasa kaldu ayam. kemudian disediakan dengan nasi sepeti ketupat atau lontong yang telah dipotong potong.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini