Friday, February 17, 2017

10 DAMPAK YANG SERING BEGADANG

Bicara mengenai begadang, yang pastinya pada tau semuakan. Tapi untuk memperjelas, begadang merupakan kondisi dimana seseorang berjaga tidurnya pada malam hari. Tidur ialah waktu kondisi tubuh beristirahat dari aktivitas padat yang telah kita lalui diwaktu siang. Beberapa penyebab yaitu Shif kerja malam, lembur kerja, bermain dan ngumpul bersama teman, insomnia, kemudian terlalu banyak makan.


Tidur sangat diperlukan oleh kita sebagai manusia karena pada keadaan tersebut, tubuh kita berhenti dan berfungsi memperbaiki metabolisme, dengan cara merileksasikan fikiran supaya ketika bangun pada waktu pagi akan terasa lebih segar. Normalnya kita sebagai orang dewasa membutuhkan waktu tidur minimal delapan jam sehari. Sehingga bilamana kita tidur kurang dari waktu delapan jam maka akan berdampak pada masalah kesehatan kita. Berikut 10 Bahaya yang disebabkan begadang :

1. Konsentrasi Berkurang

Kurangnya jam tidur akan membuat tingkat konsentrasi kita berkurang, kurangnya jam tidur tersebut akan membuat kita mengalami pusing kepala dan juga merasa lesu. Sehingga ketika kita ingin melalui atau melaksanakan tugas yang diemban akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan hal ini menyebabkan kita menjadi tidak fokus.

2.  Rasa Ingin tidur terus menerus

Kelanjutan dari hilangnya konsentrasi sehingga kebiasaan yang kita lakukan saat bekerja akan merubah semangat kita menjadi menurun, lalu rasa ingin tidur secara terus menerus alias mengantuk.

3. Gelisah

Selalu merasa cemas atau gelisah kurangnya waktu istirahat tidur akan mendatangkan kegelisahan yang tidak tau apa yang kita cemaskan.

4. Timbul lingkaran hitam pada mata

Dampak fisik yang biasa kita jumpai akibat begadang adalah timbulnya lingkaran hitam dikantung mata, kemudian wajah lesu, pucat, dan sayu serta mata akan memerah. Dampak tersebut akan membuat kerutan disekeliling lingkaran pada kantung mata.

5. Pola Makan tak Beraturan

Waspada pola makan biasanya akan menjadi terganggu dengan berkurangnya waktu tidur , kita akan melewatkan jam sarapan yang biasa kita lakukan.

6. Depresi

Secara Psikologis akibat dari kurang nya tidur ciri-cirinya akan terlihat mudah stres, tingkat emosi yang meningkat diakibatkan kerja otak yang merasa kelelahan.

7. Mudah Marah

Nah tu teman-teman kalo kalian melihat orang disekitar anda yang terlihat mudah marah, itu mungkin saja salah satu penyebab dari waktu tidur yang tidak tercukupi, berlanjut pada nomor sebelumnya bahwa akibat dari tidur yang tidak cukup maka terjadi kelelahan sehingga akan membuat orang mudah marah.

8. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Kebiasaan begadang akan menyebabkan beberapa penyakit yang ditimbulkan diantaranya Hipertensi atau darah tinggi, dan berlanjut ke penyakit yang lebih serius seperti stroke.

9. Obesitas

Nih ya saya kasih tau, beberapa informasi yang saya peroleh dari berbagai literatur bahwa penyebab Obesitas disebabkan kurang cukupnya waktu tidur, kebiasaan tidur kurang dari delapan jam memicu makan dimalam hari maka jadilah hal tersebut.

10. Penyakit Jantung 

Terakhir dari semuanya yaitu bermula dari Hipertensi yang membuat timbulnya penyakit jantung, kemudian terkena angin malam akan memperburuk keadaan tubuh.

Nah, bagi kita yang suka begadang nih, kurang kurangin dah,, bahaya tu bagi kesehatan kita soalnya kalo udah akut butuh dana pengobatan besar buat kesembuhan. terimakasih telah berkunjung diblog saya.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini